3 Faktor Kunci Dalam Memilih Niche Pasar
![]() |
3 Faktor Kunci Dalam Memilih Niche Pasar |
Ketika Anda akan membuat toko online dan memilih suatu niche untuk ditarget, Anda seharusnya membangun toko untuk menyasar niche itu dengan cara memuat keyword- keyword yang relevan dengan bisnis
Terdapat ribuan frasa keyword di luar sana. “Baju wanita murah”, “busana muslim anak”, “bunga dukacita Jakarta” dan sebagainya, terdapat 3 kunci utama yang bisa Anda pertimbangkan dari setiap keyword.
Kunci #1 : Intention to buy (Keinginan untuk membeli)
Faktor yang paling utama dan paling penting apa yang disebut “intent to buy.”
Frasa keyword harus mewakili sebuah produk atau servis yang menarik untuk dibeli customer.
Semakin jelas suatu frasa keyword menunjukkan bahwa customer sedang berada dalam “buying mode” maka performa keyword tsb untuk perform menghasilkan sales akan semakin baik.
Contohnya “baju batik diskon” menunjukkan adanya intention to buy (keinginan untuk
membeli).
Bandingkan dengan “baju batik” yang memiliki intention to buy kecil, bahkan mungkin yang melakukan googling dengan “baju batik” hanya orang yang mencari informasi tentang batik dan tidak ingin melakukan pembelian.
Kunci #2 : Keuntungan Per Order
Pilih jajaran produk yang bisa memberikan Anda keuntungan antara 10-20% untuk setiap
order yang diproses. Kita membicarakan “profit” di sini bukan pendapatan.
Ketika Anda pertama kali mencari sebuah frasa keyword Anda tidak akan tahu margin pendapatan yang Anda bisa dapatkan, direkomendasikan tetapi Anda bisa mengasumsikan pendapatan sekitar 10-20%. Ini berarti Anda harus mendapatkan order minimal Rp. 1 juta untuk mendapatkan Rp.100 – 200 ribu per order. Anda juga harus ingat kalau tidak setiap barang dijual satuan, jadi Anda harus memperkirakan kuantitas item dari setiap jenis order untuk setiap tipe produk.
Kunci #3 : Seleksi Berdasarkan Barang yang ada di Retail Besar
Jangan memilih sebuah produk yang tersedia di banyak tempat di supermarket nasional. Tidak masalah apabila hanya beberapa toko khsusus yang menjualnya dan penawaran yang terbatas, tetapi Anda akan sulit berkompetisi apabila supermarket seperti Giant, Indomaret yang mempunyai jaringan distribusi di seluruh kota dengan produk yang bervariasi.
Terdapat ribuan frasa keyword di luar sana. “Baju wanita murah”, “busana muslim anak”, “bunga dukacita Jakarta” dan sebagainya, terdapat 3 kunci utama yang bisa Anda pertimbangkan dari setiap keyword.
Kunci #1 : Intention to buy (Keinginan untuk membeli)
Faktor yang paling utama dan paling penting apa yang disebut “intent to buy.”
Frasa keyword harus mewakili sebuah produk atau servis yang menarik untuk dibeli customer.
Semakin jelas suatu frasa keyword menunjukkan bahwa customer sedang berada dalam “buying mode” maka performa keyword tsb untuk perform menghasilkan sales akan semakin baik.
Contohnya “baju batik diskon” menunjukkan adanya intention to buy (keinginan untuk
membeli).
Bandingkan dengan “baju batik” yang memiliki intention to buy kecil, bahkan mungkin yang melakukan googling dengan “baju batik” hanya orang yang mencari informasi tentang batik dan tidak ingin melakukan pembelian.
Kunci #2 : Keuntungan Per Order
Pilih jajaran produk yang bisa memberikan Anda keuntungan antara 10-20% untuk setiap
order yang diproses. Kita membicarakan “profit” di sini bukan pendapatan.
Ketika Anda pertama kali mencari sebuah frasa keyword Anda tidak akan tahu margin pendapatan yang Anda bisa dapatkan, direkomendasikan tetapi Anda bisa mengasumsikan pendapatan sekitar 10-20%. Ini berarti Anda harus mendapatkan order minimal Rp. 1 juta untuk mendapatkan Rp.100 – 200 ribu per order. Anda juga harus ingat kalau tidak setiap barang dijual satuan, jadi Anda harus memperkirakan kuantitas item dari setiap jenis order untuk setiap tipe produk.
Kunci #3 : Seleksi Berdasarkan Barang yang ada di Retail Besar
Jangan memilih sebuah produk yang tersedia di banyak tempat di supermarket nasional. Tidak masalah apabila hanya beberapa toko khsusus yang menjualnya dan penawaran yang terbatas, tetapi Anda akan sulit berkompetisi apabila supermarket seperti Giant, Indomaret yang mempunyai jaringan distribusi di seluruh kota dengan produk yang bervariasi.
Post a Comment for "3 Faktor Kunci Dalam Memilih Niche Pasar"