RISET dengan Google Keyword Planner (GKP)
RISET dengan Google Keyword Planner (GKP)
. Tujuan RISET dengan menggunakan
Google Keyword Planner (GKP) adalah untuk mendapatkan informasi jumlah pencari
kata kunci produk yang anda jual. Dengan mengetahui jumlah pencari produk yang
anda jual, maka anda bisa melihat potensi penghasilan yang bisa anda dapatkan.
Tugas untuk anda :
~
Catat semua kata kunci yang anda peroleh dari hasil Riset GKP Langkah pertama
dalam RISET ini adalah dengan mendaftar ke GKP, cara mendaftar ke GKP sebagai
berikut :
Buka www.adwords.google.co.id/keywordplanner
, maka akan muncul tampilan sebagai berikut :
Klik tombol Masuk Ke Adwords sehingga
muncul pengisian email gmail seperti pada gambar berikut :
Tuliskan Email Gmail dan Pasword anda
kemudian klik Sign In. Maka bagi anda yang baru pertama kali menggunakan
google keyword planner akan diminta mengisi pengaturan awal meliputi; Negara,
Time Zone dan Currency. Isi Country / Negara dengan negara Indonesia, Time Zone
dengan waktu Jakarta dan Currency dengan Rupiah.
Note : Informasi awal ini akan digunakan
selamanya jadi lakukan dengan benar. Setelah yakin setingan sudah terisi dengan
benar, klik tombol Save and Continue
Cara Riset Menggunakan GKP
Langkah ini merupakan lanjutan pada
langkah sebelumnya. Mulailah dengan memilih menu Tools, lalu pilih sub menu
“Keyword Planner”
.
Setelah anda memilih sub menu Keyword
Planner, maka akan dibawa kehalaman Riset berikut :
Terdapat 4 pilihan riset yang ditawarkan
oleh google keyword planner, pada tahap awal pilihlah riset yang pertama yaitu
: Search For new Keyword and ad group
ideas. Maka akan terlihat kotak pengisian keyword seperti gambar dibawah
ini :
Masukkan KATA KUNCI
sesuai dengan produk anda pada kolom “Enter One or More of the Following”.
Sebagai contoh saya mengetikkan keyword Baju Anak Muslim dan gamis
anak karena saya menjual baju muslim anak.
Usahakan panjang
keyword maka keyword turunan yang dihasilkan akan semakin sedikit.menulis kata
kunci / keyword utama target yang terdiri dari 2 suku kata atau maksimal 3 suku
kata. Semakin sedikit.
Ganti kotak Targeting :
All Locations dengan Indonesia dan English dengan Indonesian.
Kemudian klik Get Ideas untuk mendapatkan hasil.
Terlihat
Jumlah Pencari Kata Kunci Utama dan Kata Kunci Turunan berikut :
Abaikan Ad group ideas
karena itu untuk pemasang iklan, anda pilih saja Keyword Ideas dan lihat
hasil keyword total berjumlah 252. Kemudian klik Download untuk menyimpan hasil
riset di komputer dalam format excel. Maka akan muncul kotak dialog berikut:
Pilih file format Excel
CSV kemudian klik tombol Download
Untuk menyimpan ke
format excel. Klik tombol Save File, sehingga muncul kotak dialog berikut
:
Pilih Save File
kemudian klik tombol OK. Simpan pada folder khusus di komputer agar
mudah untuk dicari. Hasil riset dengan google keyword planner sudah tersimpan
di komputer anda dalam format excel, namun masih perlu diolah lebih lanjut.
Post a Comment for "RISET dengan Google Keyword Planner (GKP)"