METODE SEO ON PAGE
METODE SEO ON PAGE
Optimalisasi Website melalui
metode ONPAGE lebih bersifat teknis yang harus dioptimize adalah halaman
website sobat itu sendiiri. Metode ONPAGe berpengaruh sekitar 60 % terhadap
SERP berdasarkan kata kunci yang anda bidik. Untuk melakukannya optimalisasi
onpage, dibutuhkan kemampuan teknis minimal menguasai dasar- dasar HTML sebelum
membahas teknik onpage, kita harus mempertimbangkan faktor lain yang tidak
kalah pentingnya karena mesin pencari mempertimbangkan faktor berikut ini :
1.
LOKASI
SERVER/HOSTING :
lokasi ini sengat
berpengaruh terhadap hasil dari pekerjaan SEO yang sobat lakukan. Jika lokasi
server sobat di indonesia maka pengunjung dari Indonesia akan jauh lebih cepat mengakses
dibanding pengunjung dari USA. Manun demikian, dalam kaitannya dengan SEO.
Hosting di USA lebih optimal untuk kepentingan SEO karena mesin pencari akan
lebih cepat mencari penelusuran ke website sobat. Belum lagi untuk kegiatan link building ( yang
akan di bahas nanti ) aering aekali portol harus memvalidasi link tersebut
apakah valit atau tidak dan yang sering terjadi adalah partol tersebut gagal
memvalidasi karena akses server di Indonesia sengat lambat lebih mahal
ketimbang server USA. Semoga kedepan Internet Indonesia bisa lebih baik
sehingga layanan Hosting Indonesia tidak kalah dengan negara asing.
2.
Keterkaitan
Nama Domain :
Mesin pencari akan lebih mudah memunculkan nama Website
sobat pada halaman awal jika nama domain sobat mendukung misalnya sobat
membidik kata kunci “ belajar desain “ atau “
Belajar desain Grafics” atau belajar desain photoshop “ akan lebih mudah
muncul. Comtohnya : belajardesaingrafics.com,dan sejenisnya.
Nama
doamin yang mendukung kata kunci biasanya hanya membutuhkan waktu kurang 24 jam
saja atau paling lama seminggu untuk tampil dihalaman awal mesin pencari.
Caranya cukup mudah yakni upload website anda yang telah di optimalisasi dengan
metode onpage SEO.
Jika
banayk pesaing yang memiliki PR tinggi, niscata web anda bisa tampil dihalaman
pertama. Jadi jika sobat menghendaki pekerjaan SEO yang lebih ringan, belilah
nama domain yang sesui dengan kata kunci yang anda bidik. Namun demikian nama
domain yang tidak serupa dengan kata kunci tetap memiliki kesempatan untuk
tampil pada halaman awal yang terbaik adalah .com, .net, dan .org jadi usahakan
memilih nama domain dengan ekstensi tersebut.Jika sobat sudah ternjur membeli
nama domain dalam bentuk perusahaan atau merek, saya menyarankan sobat untuk
tetap membeli nama domain yang mengandung kata kunci. Tentunya antara domain
yang lain janganlah memiliki konten yang sama persis karena bisa dianggap
duplikasi konten atau alternatif lain gunakan metode 301 redirect. Sobat cukup
membuat scrip PHP dibawah ini namai dengan file “index.php” lalu upload ke
hosting domain perusahaan/ merek yang sudah terlnjur di beli.
<?
Header(
“HTTP/1.1 301 Moved Permanently”);
Header(
“Location:http://www.domain-kata kunci-sobat.com” );
?>
Saya
juga menyarankan soabat untuk menggunakan nama domain berbayar ketimbang
memakai mana domain dan hosting gratisan karena segalanya yang bersifat
gratisan kurang terlihat proposional dan tidak ada jaminan yang gratisan itu
akan langgeng.
3.
Bounce
Rate
Adalah
beberapa persen pengunjung yang datang ke website anda lalu meninggalkan
website anda begitu saja tanpa melakuakan brosing lebih dalam di website anda.
Semakin tinggi brounce rate maka website akan sulit masuk dalam halaman SERP.
Jadi sehebat apapun metode SEO yang sobat lakukan nantinya akan sia – sia
karena banyak pengunjung website ternyata tidak suka dengan website sobat.
Penyebabnya bisa jadi karena konten sobat yang tidak berguna, terlalu banyak
iklan navigasi yang tidak jelas, desain yang penuh dengan animasi sehingga
memberatkan dan lain sebagainya. Jadi sobat harus mamstikan bahwa website sobat
layak dikunjungi dan pengunjung mendapat keunutngan atau manfaat dari informasi
yang terdapat di website sobat.
Adapun
komponen dasar metode Onpage SEO adalah :
1. Title ( Judul ) : di
tiap halaman website, pemberian juduk yang tepat akan membantu website sobat
menempati SERP yang tinggi. Berikut tag title yang biasanya terdapat pada tiap
halaman :
Format
Title:
<title>Tulis
Judul Halaman Disini</title>
Judul
halaman yang baik adalah mengandung kata kunci yang telah di bidik. Optimalnya
adalah 64 karakter karena inilah yang akan ditampilkan di SERP.
2. Meta Keword :
Merupakan metadata yang ada tiap halaman web. Fungsinya agar mnesin pencari mengenali
kata kunci dari halaman tersebut. Meta
keyword disarankan perhalaman.
Format
Meta Keyword :
<meta
name=keywords”content=”isi kata kunci anda disini”>
Contoh
penerapan :
<meta
name=”keyword” content=” belajar desain, belajar desain photosop, belajar
desain grafik”>
3. Meta
Desciption : merupakan penjelasan atau uraian singkat dari suatu halaman. Teks
pada meta description ini biasanya muncul dihasil pencarian dari mesin pencari.
Disarankan panjang meta ini maksimal 150 karakter. Format description.
<meta
name=”description”content=”isi penjelasan halaman web disini”>
Contoh
penerapan :
<meta
name=”description” content=”sofware kutansi zoro dapat membuat laporan keuangan
semudah memasak nasi”>
4. Header
( H1, H2, H3, H4, H5, H6 )
Merupakan
tag –tag pada halaman web yang memiliki pengaruh terhadap mesinpencari. Tag
header biasanya digunakan sebagi judul
(
headline ). Untuk penerapan header, sangat dianjurkan agar teks yang berapda di
header tersebut berupa kata kunci yang ditargetkan.
<h1>Kata
Kunci Paling Penting No.1</h1>
Post a Comment for "METODE SEO ON PAGE"